1. Penulis
a. Bukti Eksternal.
Athenagoras, Clement dari Alexandria
dan kanon Muratorian menunjuk Yudas saudara Tuhan Yesus (Mat.13:55)sebagai
penulis.
b. Bukti Internal. Penulis
menunjukan dirinya Yudas saudara Tuhan Yesus dan Yakobus (1:1), tentu ini bukan
Yakobus Rasul karena saudara Yakobus Rasul adalah Yohanes.
2. Waktu Penulisan:
Dari nadanya yang terihat bahwa
penganiayaan bukan future tense terutama masalah pengajaran sesat yang dalam 2
Petrus dikatakan akan datang, kelihatannya ketika surat Yudas ditulis malah sedang datang.
Berarti ditulis tahun 63 A.D. atau diatas itu.
Terutama penekanannya terhadap dosa
seksual yang mencapai punck tahun 64-65 A.D.
3. Alamat Pengirim dan yang
Dituju: Ditulis di Yerusalem dan mungkin ditujukan kepada orang Kristen Yahudi.
4. Tujuan Surat Yudas:
Meneguhkan iman.
5. Thema Surat Yudas:
“Berjuang untuk mempertahankan iman”.
6. Karakteristik Surat Yudas:
- Banyak mengutip P.L. juga mengutip sumber luar P.L.
- Mengandung banyak peringatan terhadap ajaran sesat.
- Menulis doxology yang terbaik dalam Alkitab (24,25)
1. Teologia Yudas tentang
Kristus.
Dengan tema yang serupa dengan 2
Petrus, Yudas memperingatkan akan adanya guru-guru palsu yang menyangkali
“satu-satunya Penguasa dan Tuhan kita” (ayat 4). Sebutan penguasan dan Tuhan,
keduanya menunjuk kepada Kristus. Ini merupakan pernyataan Kristologi yang
besar. Penguasa (Yunani; despoten) berarti Kristus adalah penguasa yang
absolut.
2. Teologia Yudas tentang
Keselamatan
Yudas menujukan suratnya pada “mereka
yang dipanggil.” Dalam pernyataan ini Yudas menunjuk pada doktrin pemilihan.
Kata “dipanggil” adalah bagi mereka yang telah dipanggil secara efektual pada
keselamatan berdasarkan anugrah Allah yang efektif. Anugrah Allah itulah yang
tidak dapat ditolak oleh manusia. Yudas lebih lanjut menekankan sekuritas dari
keselamatan dengan menegaskan bahwa Allah akan memampukan orang percaya untuk
berdiri dihadapan kemuliaan hadirat-Nya (ayat 24).
3. Teologia Yudas tentang
Malaikat
Yudas menunjuk pada malaikat yang “meninggalkan tempat tinggal mereka yang sebenarnya”, kemungkinan besar menunjuk pada kejatuhan Lucifer dari posisi yang tinggi, dimana ia menarik satu pasukan malaikat bersama dengan dia (Yes. 14:12-17; Yehz. 28:12-19). Kelihatannya sebagaian dari mereka yang jatuh telah diikat, sedangkan yang lain tetap bebas dan menjadi iblis.
<<<yb>>>
Tidak ada komentar:
Posting Komentar