TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI PENDIDIKAN

       Tujuan Pembelajaran:
  1. Mahasiswa memahami pengertian teknologi informatika dan komunikasi
  2. Mahasiswa memahami tinjauan Biblikal mengenai informasi dan komunikasi
  3. Mahasiswa mampu menerapkan teknologi informasi pendidikan secara baik.
  4. Mahasiswa menyadari pentingnya teknologi informasi dalam meningkatkan mutu pendidikan
       Pendahuluan
Information and Communication Technology (ICT) atau di Indonesia biasa juga dikenal dengan istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), merupakan sebuah teknologi yang meliputi perangkat elektronik, komputer dan telekomunikasi, yang di dalamnya tercakup perangkat lunak, yang dapat digunakan untuk membuat, menyimpan, mengirimkan, menerjemahkan, dan memanipulasi informasi dalam berbagai bentuk. Teknologi komunikasi di sini misalnya: Radio, Telekomunikasi, Intranet, Internet, dan sebagainya
       Teknologi
Secara Umum:
  1. Tenologi secara sederhana, adalah penerapan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah atau pemanfaatan benda-benda.
  2. Teknologi dapat dilihat sebagai suatu aktivitas yang membentuk atau mengubah budaya. Sehingga teknologi berarti penerapan matematis, sains dan seni bagi kehidupan.
Secra Khusus:
Techne (Yunani), yaitu seni, kerajinan tangan atau keahlian khusus.
       Kesimpulan, Teknologi:
  1. Teknologi terkait dengan sifat rasional dan ilmiah.
  2. Teknologi menunjuk pada suatu ilmu, keahlian, baik itu seni maupun kerajinan tangan.
  3. Teknologi dapat diterjemahkan sebagai teknik atau cara pelaksanaan.
  4. Suatu kegiatan, atau sebagai suatu proses.
  5. Teknologi mengacu pada penggunaan mesin-mesin dan perangkat keras.

       LANDASAN BIBLIKAL:
  1. Allah memiliki karakter komunikatif
      Allah berbicara (Ibrani 1:1)
      Allah berfirman (Kejadian 1)
      Allah bertanya (Kej.3:9; Ayub 38)
      Allah melakukan percakapan (Kej.19)
  1. Pelayanan dapat dibangun dengan komunikasi
      Menyampaikan khotbah (Mat.5-7)
      Menyampaikan pengajaran (Mat.13)
      Menyelesaikan masalah (Kis.15)
      Memberi nasihat baik (Fil.2;
  1. Berbagai media/sarana komunikasi
      Kitab / Surat (Paulus dan penulis kitab)
      Surat edaran, pengumuman, keputusan atau ketetapan (Ezra 1:1; Luk.2:1; )
      Utusan-utusan (2Sam.18:19-23)
      Gembala jemaat (Titus 1:5,6)
      Tanda-tanda ajaib (Kel.3)
      Penjelmaan (Kej.18)
      Mimpi-mimpi (Kej.41)
      Pribadi Yesus Kristus (Yoh.1)
      Disesuaikan perkembangan

       Sifat Teknologi
  1. Teknologi Maju (advance technology)
Yaitu, upaya untuk meningkatkan kemampuan nasional di bidang penelitian terkait sumber energi, mineral, nuklir, dll.
  1. Teknologi adaptif (adaptive technology)
Yaitu, teknologi yang bersumber pada penelitian dan pengembangan di negara maju, digarap sesuai dengan perkembangan masyarakat.
  1. Teknologi protektif (protective technology)
Yaitu, teknologi yang dipersiapkan untuk melindungi dan mengamankan ekologi (lingkungan hidup)

       Apa Itu Pendidikan?
Pendidikan adalah Hidup. Pendidikan adalah segala pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala lingkungan dan sepanjang hidup. Pendidikan adalah segala situasi hidup yang mempengaruhi pertumbuhan (Redja M, Pengantar Pendidikan, 2001).

       Karakteristik Pendidikan
  1. Masa Pendidikan. Berlangsung seumur hidup dalam setiap saat dan lingkungan.
  2. Lingkungan Pendidikan. Dalam segala lingkungan hidup, baik yang khusus diciptakan untuk kepentingan pendidikan maupun yang ada dengan sendirinya.
  3. Bentuk Kegiatan. Terentang dari bentuk-bentuk yang misterius atau tak disengaja sampai dengan yang dipropagandakan. Berbentuk pengalaman belajar ataupun kurikulum.
  1. Tujuan. Terkandung dalam setiap pengalaman belajar. Tujuan pendidikan adalah pertumbuhan. Pertumbuhan pendidikan adalah tidak terbatas. Tujuan pendidikan adalah sama dengan tujuan hidup manusia itu sendiri.

       Teknologi Pendidikan
Merupakan suatu kegiatan yang menilai seluruh kegiatan pengajaran dan pembelajaran dengan memperhatikan, baik sumber teknis maupun manusia dan interaksi antara keduanya, sehingga mendapatkan bentuk pendidikan yang lebih efektif.

      Hakekat Teknologi Pendidikan
  1. Belajar, dan
  2. Penyelenggaraan proses belajar yang tepat.

       Kawasan Teknologi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran

Teknologi Pendidikan:
  1. Fungsi manajement pendidikan
  2. Fungsi-fungsi perkembangan pendidikan
  3. Sumber-sumber pembelajaran
  4. Pelajaran: kawasan yang menyangkut penyelenggaraan seluruh aspek belajar manusia termasuk di dalam dan di luar persekolahan, seperti museum. Lebih menekankan pada peran.

Teknologi Pembelajaran:
  1. Fungsi-fungsi manajement isntruksional
  2. Fungsi-fungsi pengembangan instruksional
  3. Perlengkapan sistem isntruksional
  4. Pelajaran: lebih merujuk pada learning is purposive and controlled. Kedudukannya ada di dalam kelas saja. Disesuaikan dengan kebutuhan belajar.
       Landasan Keilmuan Teknologi Pendidikan
  1. Psikologi
Merupakan ilmu tertua yang diadopsi oleh teknologi pendidikan. Bagaimana seseorang belajar serta bagaimana membelajarkan orang tersebut dengan sebaik-baiknya, ini adalah bukti penerapan psikologi dalam teknologi pendidikan.
  1. Komunikasi
Komunikasi diadopsi untuk emngantisipasi IPTEK. Antisipasi dapat dilakukan oleh teknologi pendidikan dengan mengkaji kebermanfaatan teknologi digital bagi dunia pendidikan. Heinich, Molenda dan Russell berkata: komunikasi adalah The transfer of information from source to destination.
  1. Manajemen
Teknologi pendidikan dianggap sebagai manajer untuk berbagai produksi media pembelajaran dan program pelatihan tertentu. Kemampuan manajerial terutama dikaitkan dengan bagaimana awal dan akhir dari suatu peroduksi media pembelajaran serta mengembangkan program pelatihan untuk mengembangkan SDM.

       Peran Teknologi Pendidikan
  1. Bekerjasama. Menjadi pendukung untuk kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait
  2. Menyebarkan inovasi.  Menjadi yang terdepan dan menjadi agen perubahan. Biasa menggunakan jejaring  internet. Cth: FB, Twitter, WA, dll.
  1. Menyelenggarakan kegiatan belajar lintas organisasi. Melakukan pelatihan yang dapat terjadi dengan tidak dibatasi oleh ruang.
  2. Menyiapkan sumber-sumber belajar. Mengolah materi ajar sebagai informasi menjadi sesuatu yang lebih mudah dicerna, diakses dan dimanfaatkan.
  3. Meningkatkan kemampuan pengajar. Mendorong pengajar menyelesaikan tugas dan mampu mendesain pengajaran

       TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)

A. Pengertian TIK
Terdapat banyak pengertian mengenai TIK atau Teknologi informasi dan komunikasi, namun jika dapat disimpulkan dari berbagai sumber Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang  segala kegiatan  yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan transfer / pemindahan informasi antar media Namun, ada pula yang mengartikan bahwa, TIK adalah sebuah media atau alat bantu yang digunakan untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data / informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta, dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah.

B. Perkembangan TIK dalam bidang pendidikan
       Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan teknologi secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi. Jika dilihat pada saat sekarang ini perkembangan teknologi informasi terutama di Indonesia semakin berkembang
       Dengan adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan dari siapa saja
       Dalam dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak yang positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan
       Wadah yang dirasa paling berperan dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi di Indonesia saat ini adalah internet
       Metode distance learning merupakan suatu metode alternatif dalam pemerataan kesempatan dalam bidang pendidikan. Sistem ini diharapkan dapat mengatasi beberapa masalah yang ditimbulkan akibat keterbatasan tenaga pengajar yang berkualitas. Metode distance learning sangat membantu siswa atau masyarakat dalam mempelajari hal-hal atau ilmu-ilmu baru dengan tampilan yang lebih menarik dan mudah untuk dipahami

       C. Peranan TIK dalam Pendidikan
  1. TIK sebagai skill dan kompetensi.
      Penggunaan TIK harus proporsional maksudnya  TIK bisa masuk ke semua lapisan masyarakat tapi sesuainya dengan porsinya masing-masing.
  1. TIK sebagai infratruktur pembelajaran.
      Tersedianya bahan ajar dalam format digital;
      The network is the school;
      Belajar dimana saja dan kapan saja
  1. TIK sebagai sumber bahan belajar
      Ilmu berkembang dengan cepat
      Guru-guru hebat tersebar di seluruh penjuru dunia
      Buku dan bahan ajar diperbaharui secara kontinyu
      Inovasi memerlukan kerjasama pemikiran
      Tanpa teknologi, pembelajaran yang up-to-date membutuhkan waktu yang lama
  1. TIK sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran
      Penyampaian pengetahuan mempertimbangkan konteks dunia nyata
      Memberikan ilustrasi berbagai fenomena ilmu pengetahuan untuk mempercepat penyerapan bahan ajar
      Pelajar melakukan eksplorasi terhadap pengetahuannya secara lebih luas dan mandiri
      Akuisisi pengetahuan berasal dari interaksi mahasiswa dan guru
      Rasio antara pengajar dan peserta didik sehingga menentukan proses pemberian fasilitas
  1. TIK sebagai pendukung manajemen pembelajaran
      Tiap individu memerlukan dukungan pembelajaran tanpa henti tiap harinya
      Transaksi dan interaksi interaktif antar stakeholder memerlukan pengelolaan back office yang kuat
      Kualitas layanan pada pengeekan administrasi ditingkatkan secara bertahap
      Orang merupakan sumber daya yang bernilai
  1. TIK
      Tiap individu memiliki karakter dan bakat masing-masing dalam pembelajaran
      Guru meningkatkan kompetensinya pada berbagai bidang ilmu
      Profil institusi  pendidikan diketahui oleh pemerintah sebagai sistem pendukung keputusan

       Dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang pendidikan:
  1. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
  2. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
  1. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
  2. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK

       Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang pendidikan:
  1. Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
  2. Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
  3. Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention)

       Cara Mencegah dampak Negatif dalam Pendidikan
  1. Menegakkan fungsi hukum yang berlaku, misalnya pembentukan chiber task yang bertugas untuk menentukan standar operasi pengendalian dalam penerapan teknologi informasi di instansi pemerintah. Hal ini meliputi keamanan teknologi, system rekap data, serta fungsi pusat penanganan bencana.
  2. Menghindari penggunaan telepon seluler berfitur canggih oleh anak-anak dibawah umur dan lebih mengawasi pemakaian ponsel
  1. Televisi:
      Mewaspadai muatan pornografi, kekerasan, dan tayangan mistis.
      Memperhatikan batasan umur penonton pada film yang tengah ditayangkan.
      Mengaktifkan penggunaan fasilitas Parental Lock pada TV kabel dan satelit.
      Menghindari penempatan TV pribadi di dalam kamar.
  1. Komputer dan internet:
      Mewaspadai muatan pornografi digital (online maupun offline).
      Mewaspadai kekerasan pada game.
      Cek history browser pada computer anak untuk melihat apa saja yang sudah dilihatnya.
      Menggunakan program filtering dan Parental Control.
      Meletakkan computer pada tempat yang dapat diawasi, hindari penempatan computer di dalam kamar.
      Jika terpaksa meletakkan computer dalam kamar anak, jangan melengkapinya dengan fasilitas internet
  1. Perbanyak buku yang bersifat edukatif di rumah.
Disamping Teknologi informasi memiliki manfaat yang sangat banyak. Tapi, selain itu masih banyak kendala dalam penerapan aplikasi teknologi informasi itu sendiri. Diantaranya :
      Kurangnya ketersediaan sumber daya manusia
      Belum memadainya infrastruktur telekomunikasi
      Belum memadainya perangkat hukum yang mengaturnya
      Memerlukan biaya yang cukup tinggi
      Belum meratanya jaringan di seluruh Indonesia

Tidak ada komentar:

DOKTRIN KRISTUS (KRISTOLOGI)

PANDANGAN KONTEMPORER TENTANG KRIST US A.       Ebionisme: “Yesus manusia biasa, diangkat menjadi Mesias karena kesalehan.” Go...