• Tujuan
Pembelajaran:
- Mahasiswa memahami pengertian teknologi informatika dan komunikasi
- Mahasiswa memahami tinjauan Biblikal mengenai informasi dan komunikasi
- Mahasiswa mampu menerapkan teknologi informasi pendidikan secara baik.
- Mahasiswa menyadari pentingnya teknologi informasi dalam meningkatkan mutu pendidikan
• Pendahuluan
Information and Communication Technology (ICT) atau di Indonesia biasa
juga dikenal dengan istilah Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK), merupakan
sebuah teknologi yang meliputi perangkat elektronik, komputer dan
telekomunikasi, yang di dalamnya tercakup perangkat lunak, yang dapat digunakan
untuk membuat, menyimpan, mengirimkan, menerjemahkan, dan memanipulasi
informasi dalam berbagai bentuk. Teknologi komunikasi di sini misalnya: Radio,
Telekomunikasi, Intranet, Internet, dan sebagainya
• Teknologi
Secara Umum:
- Tenologi secara sederhana, adalah penerapan ilmu pengetahuan untuk memecahkan masalah atau pemanfaatan benda-benda.
- Teknologi dapat dilihat sebagai suatu aktivitas yang membentuk atau mengubah budaya. Sehingga teknologi berarti penerapan matematis, sains dan seni bagi kehidupan.
Secra Khusus:
Techne (Yunani), yaitu seni, kerajinan tangan atau
keahlian khusus.
• Kesimpulan,
Teknologi:
- Teknologi terkait dengan sifat rasional dan ilmiah.
- Teknologi menunjuk pada suatu ilmu, keahlian, baik itu seni maupun kerajinan tangan.
- Teknologi dapat diterjemahkan sebagai teknik atau cara pelaksanaan.
- Suatu kegiatan, atau sebagai suatu proses.
- Teknologi mengacu pada penggunaan mesin-mesin dan perangkat keras.
• LANDASAN
BIBLIKAL:
- Allah memiliki karakter komunikatif
–
Allah berbicara (Ibrani 1:1)
–
Allah berfirman (Kejadian 1)
–
Allah bertanya (Kej.3:9; Ayub 38)
–
Allah melakukan percakapan (Kej.19)
- Pelayanan dapat dibangun dengan komunikasi
–
Menyampaikan khotbah (Mat.5-7)
–
Menyampaikan pengajaran (Mat.13)
–
Menyelesaikan masalah (Kis.15)
–
Memberi nasihat baik (Fil.2;
- Berbagai media/sarana komunikasi
–
Kitab / Surat (Paulus dan penulis kitab)
–
Surat edaran, pengumuman, keputusan atau
ketetapan (Ezra 1:1; Luk.2:1; )
–
Utusan-utusan (2Sam.18:19-23)
–
Gembala jemaat (Titus 1:5,6)
–
Tanda-tanda ajaib (Kel.3)
–
Penjelmaan (Kej.18)
–
Mimpi-mimpi (Kej.41)
–
Pribadi Yesus Kristus (Yoh.1)
–
Disesuaikan perkembangan
• Sifat
Teknologi
- Teknologi Maju (advance technology)
Yaitu, upaya
untuk meningkatkan kemampuan nasional di bidang penelitian terkait sumber
energi, mineral, nuklir, dll.
- Teknologi adaptif (adaptive technology)
Yaitu, teknologi
yang bersumber pada penelitian dan pengembangan di negara maju, digarap sesuai
dengan perkembangan masyarakat.
- Teknologi protektif (protective technology)
Yaitu, teknologi
yang dipersiapkan untuk melindungi dan mengamankan ekologi (lingkungan hidup)
• Apa
Itu Pendidikan?
Pendidikan adalah Hidup.
Pendidikan adalah segala pengalaman belajar yang berlangsung dalam segala
lingkungan dan sepanjang hidup. Pendidikan adalah segala situasi hidup yang
mempengaruhi pertumbuhan (Redja M, Pengantar Pendidikan, 2001).
• Karakteristik
Pendidikan
- Masa Pendidikan. Berlangsung seumur hidup dalam setiap saat dan lingkungan.
- Lingkungan Pendidikan. Dalam segala lingkungan hidup, baik yang khusus diciptakan untuk kepentingan pendidikan maupun yang ada dengan sendirinya.
- Bentuk Kegiatan. Terentang dari bentuk-bentuk yang misterius atau tak disengaja sampai dengan yang dipropagandakan. Berbentuk pengalaman belajar ataupun kurikulum.
- Tujuan. Terkandung dalam setiap pengalaman belajar. Tujuan pendidikan adalah pertumbuhan. Pertumbuhan pendidikan adalah tidak terbatas. Tujuan pendidikan adalah sama dengan tujuan hidup manusia itu sendiri.
• Teknologi
Pendidikan
Merupakan suatu
kegiatan yang menilai seluruh kegiatan pengajaran dan pembelajaran dengan
memperhatikan, baik sumber teknis maupun manusia dan interaksi antara keduanya,
sehingga mendapatkan bentuk pendidikan yang lebih efektif.
• Hakekat
Teknologi Pendidikan
- Belajar, dan
- Penyelenggaraan proses belajar yang tepat.
• Kawasan
Teknologi Pendidikan dan Teknologi Pembelajaran
Teknologi
Pendidikan:
- Fungsi manajement pendidikan
- Fungsi-fungsi perkembangan pendidikan
- Sumber-sumber pembelajaran
- Pelajaran: kawasan yang menyangkut penyelenggaraan seluruh aspek belajar manusia termasuk di dalam dan di luar persekolahan, seperti museum. Lebih menekankan pada peran.
Teknologi
Pembelajaran:
- Fungsi-fungsi manajement isntruksional
- Fungsi-fungsi pengembangan instruksional
- Perlengkapan sistem isntruksional
- Pelajaran: lebih merujuk pada learning is purposive and controlled. Kedudukannya ada di dalam kelas saja. Disesuaikan dengan kebutuhan belajar.
• Landasan
Keilmuan Teknologi Pendidikan
- Psikologi
Merupakan ilmu
tertua yang diadopsi oleh teknologi pendidikan. Bagaimana seseorang belajar
serta bagaimana membelajarkan orang tersebut dengan sebaik-baiknya, ini adalah
bukti penerapan psikologi dalam teknologi pendidikan.
- Komunikasi
Komunikasi
diadopsi untuk emngantisipasi IPTEK. Antisipasi dapat dilakukan oleh teknologi
pendidikan dengan mengkaji kebermanfaatan teknologi digital bagi dunia
pendidikan. Heinich, Molenda dan Russell berkata: komunikasi adalah The
transfer of information from source to destination.
- Manajemen
Teknologi pendidikan
dianggap sebagai manajer untuk berbagai produksi media pembelajaran dan program
pelatihan tertentu. Kemampuan manajerial terutama dikaitkan dengan bagaimana
awal dan akhir dari suatu peroduksi media pembelajaran serta mengembangkan
program pelatihan untuk mengembangkan SDM.
• Peran
Teknologi Pendidikan
- Bekerjasama. Menjadi pendukung untuk kerjasama dengan berbagai pihak yang terkait
- Menyebarkan inovasi. Menjadi yang terdepan dan menjadi agen perubahan. Biasa menggunakan jejaring internet. Cth: FB, Twitter, WA, dll.
- Menyelenggarakan kegiatan belajar lintas organisasi. Melakukan pelatihan yang dapat terjadi dengan tidak dibatasi oleh ruang.
- Menyiapkan sumber-sumber belajar. Mengolah materi ajar sebagai informasi menjadi sesuatu yang lebih mudah dicerna, diakses dan dimanfaatkan.
- Meningkatkan kemampuan pengajar. Mendorong pengajar menyelesaikan tugas dan mampu mendesain pengajaran
• TEKNOLOGI
INFORMASI DAN KOMUNIKASI (TIK)
A. Pengertian
TIK
Terdapat banyak pengertian mengenai TIK atau
Teknologi informasi dan komunikasi, namun jika dapat disimpulkan dari berbagai
sumber Teknologi Informasi dan Teknologi Komunikasi adalah suatu padanan
yang tidak terpisahkan yang mengandung pengertian luas tentang segala
kegiatan yang terkait dengan pemrosesan, manipulasi, pengelolaan, dan
transfer / pemindahan informasi antar media Namun, ada pula yang mengartikan
bahwa, TIK adalah sebuah media atau alat bantu yang digunakan untuk transfer
data baik itu untuk memperoleh suatu data / informasi maupun memberikan
informasi kepada orang lain serta, dapat digunakan untuk alat berkomunikasi
baik satu arah ataupun dua arah.
B.
Perkembangan TIK dalam
bidang pendidikan
•
Teknologi
Informasi dan Komunikasi (TIK) sebagai bagian dari ilmu pengetahuan dan
teknologi secara umum adalah semua teknologi yang berhubungan dengan
pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian
informasi. Jika dilihat pada saat sekarang ini perkembangan teknologi informasi
terutama di Indonesia semakin berkembang
•
Dengan
adanya teknologi informasi dan komunikasi dapat memudahkan kita untuk belajar
dan mendapatkan informasi yang kita butuhkan dari mana saja, kapan saja, dan
dari siapa saja
•
Dalam
dunia pendidikan perkembangan teknologi informasi mulai dirasa mempunyai dampak
yang positif karena dengan berkembangnya teknologi informasi dunia pendidikan
mulai memperlihatkan perubahan yang cukup signifikan
•
Wadah
yang dirasa paling berperan dalam dunia teknologi informasi dan komunikasi di
Indonesia saat ini adalah internet
•
Metode
distance learning merupakan suatu metode alternatif dalam pemerataan kesempatan
dalam bidang pendidikan. Sistem ini diharapkan dapat mengatasi beberapa masalah
yang ditimbulkan akibat keterbatasan tenaga pengajar yang berkualitas. Metode
distance learning sangat membantu siswa atau masyarakat dalam mempelajari
hal-hal atau ilmu-ilmu baru dengan tampilan yang lebih menarik dan mudah untuk
dipahami
• C. Peranan TIK dalam
Pendidikan
- TIK sebagai skill dan kompetensi.
–
Penggunaan
TIK harus proporsional maksudnya TIK bisa masuk ke semua lapisan
masyarakat tapi sesuainya dengan porsinya masing-masing.
- TIK sebagai infratruktur pembelajaran.
–
Tersedianya
bahan ajar dalam format digital;
–
The
network is the school;
–
Belajar
dimana saja dan kapan saja
- TIK sebagai sumber bahan belajar
–
Ilmu
berkembang dengan cepat
–
Guru-guru
hebat tersebar di seluruh penjuru dunia
–
Buku
dan bahan ajar diperbaharui secara kontinyu
–
Inovasi
memerlukan kerjasama pemikiran
–
Tanpa
teknologi, pembelajaran yang up-to-date membutuhkan waktu yang lama
- TIK sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran
–
Penyampaian
pengetahuan mempertimbangkan konteks dunia nyata
–
Memberikan
ilustrasi berbagai fenomena ilmu pengetahuan untuk mempercepat penyerapan bahan
ajar
–
Pelajar
melakukan eksplorasi terhadap pengetahuannya secara lebih luas dan mandiri
–
Akuisisi
pengetahuan berasal dari interaksi mahasiswa dan guru
–
Rasio
antara pengajar dan peserta didik sehingga menentukan proses pemberian
fasilitas
- TIK sebagai pendukung manajemen pembelajaran
–
Tiap
individu memerlukan dukungan pembelajaran tanpa henti tiap harinya
–
Transaksi
dan interaksi interaktif antar stakeholder memerlukan pengelolaan back office
yang kuat
–
Kualitas
layanan pada pengeekan administrasi ditingkatkan secara bertahap
–
Orang
merupakan sumber daya yang bernilai
- TIK
–
Tiap
individu memiliki karakter dan bakat masing-masing dalam pembelajaran
–
Guru
meningkatkan kompetensinya pada berbagai bidang ilmu
–
Profil
institusi pendidikan diketahui oleh pemerintah sebagai sistem pendukung keputusan
• Dampak Positif Teknologi
Informasi dan Komunikasi di bidang pendidikan:
- Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
- Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
- Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
- Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK
• Dampak Negatif Teknologi Informasi dan Komunikasi
di bidang pendidikan:
- Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan.
- Walaupun sistem administrasi suatu lembaga pendidikan bagaikan sebuah system tanpa celah, akan tetapi jika terjadi suatu kecerobohan dalam menjalankan sistem tersebut akan berakibat fatal.
- Salah satu dampak negatif televisi adalah melatih anak untuk berpikir pendek dan bertahan berkonsentrasi dalam waktu yang singkat (short span of attention)
• Cara Mencegah dampak Negatif dalam
Pendidikan
- Menegakkan fungsi hukum yang berlaku, misalnya pembentukan chiber task yang bertugas untuk menentukan standar operasi pengendalian dalam penerapan teknologi informasi di instansi pemerintah. Hal ini meliputi keamanan teknologi, system rekap data, serta fungsi pusat penanganan bencana.
- Menghindari penggunaan telepon seluler berfitur canggih oleh anak-anak dibawah umur dan lebih mengawasi pemakaian ponsel
- Televisi:
–
Mewaspadai
muatan pornografi, kekerasan, dan tayangan mistis.
–
Memperhatikan
batasan umur penonton pada film yang tengah ditayangkan.
–
Mengaktifkan
penggunaan fasilitas Parental Lock pada TV kabel dan satelit.
–
Menghindari
penempatan TV pribadi di dalam kamar.
- Komputer dan internet:
–
Mewaspadai
muatan pornografi digital (online maupun offline).
–
Mewaspadai
kekerasan pada game.
–
Cek
history browser pada computer anak untuk melihat apa saja yang sudah
dilihatnya.
–
Menggunakan
program filtering dan Parental Control.
–
Meletakkan
computer pada tempat yang dapat diawasi, hindari penempatan computer di dalam
kamar.
–
Jika
terpaksa meletakkan computer dalam kamar anak, jangan melengkapinya dengan
fasilitas internet
- Perbanyak buku yang bersifat edukatif di rumah.
Disamping Teknologi
informasi memiliki manfaat yang sangat banyak. Tapi, selain itu masih banyak
kendala dalam penerapan aplikasi teknologi informasi itu sendiri. Diantaranya :
–
Kurangnya
ketersediaan sumber daya manusia
–
Belum
memadainya infrastruktur telekomunikasi
–
Belum
memadainya perangkat hukum yang mengaturnya
–
Memerlukan
biaya yang cukup tinggi
–
Belum
meratanya jaringan di seluruh Indonesia
Tidak ada komentar:
Posting Komentar